Thursday, May 21, 2009

Renungan Ultah


Kemarin pagi, saya terima kartu ultah dr Komisi Wanita GPBB (thanks ya), di dalam kartunya ditulis demikian,"The day you were born... God said,"That's good!"".

Setelah baca kalimat itu, hati saya bercampur aduk perasaannya. Bingung, merinding, masa lalu yg suram pada 'flash back' lagi. Bingungnya juga bercampur sedikit marah, hah???!!! hidup saya banyak sedih dan masalah begini kok Tuhan bilang 'good'??? Emangnya Tuhan senang kalau saya menjalani hidup yang susah itu? Kok jahat sih? Bersukacita di atas penderitaan orang?

Pagi tadi, waktu sama2 baca Firman Tuhan sama Nathania, kami membaca dr 1Petrus2:1-5. Ada satu ayat yg di-'highlight' oleh Tuhan untuk saya, yaitu di ayat 5 bunyinya,"you also, like living stones, are being built into a spiritual houseto be a holy priesthood, offering spiritual sacrifices acceptable to God through Jesus Christ."

Tuhan bilang,"you also..." "you also..." hati saya menangis mendengarnya.

Sedari saya masih kecil, saya selalu berpikir kalau hari kelahiran saya itu dikutuk, karena hidup saya jalannya tidak normal seperti jalan hidup semua orang yg saya kenal. Saya sering bilang sama temen2 deket kalau bisa mati sekarang wah... saya akan senang sekali karena bisa langsung ketemu Tuhan dan saya bisa langsung nanya kenapa saya diberikan hidup yang seperti ini? Tiap kali saya bilang begitu, saya penasaran juga ga bs terima banget. Hidup dan hati saya seperti dipermainkan, and I am the joker... Saya benci sekali sama hidup saya ini...not nice at all.

Waktu di SMA, saya nantangin Tuhan, dr kecil saya rajin ke Sekolah Minggu, walau masih kecil dan harus pergi sendiri, saya rajin pergi tiap minggu. Tiap kali di Sekolah Minggu dibilangin kalau Tuhan itu baik, saya bilang, saya mau bukti. Setelah itu, saya menganggap hati/hidup saya sudah mati. Saya jalani hidup ini seperti robot, ada peluang, ambil; ada masalah, cuek (emang gua pikirin)... mati rasa deh pokoknya.

Tapi terus, dengan demikian, Tuhan bener2 bimbing, Dia atur semuanya sesuai dengan kehendakNya, dan amazingly, apa yg dulu saya pikir mustahil (untuk saya miliki/rasakan) semua jadi mungkin... sungguh ajaib dan hebat Tuhan. Dan perkataan di kartu itu benar2 jd indah setelah merenungkan semua yg sudah Tuhan buat dalam hidup saya hingga saat ini...

Kalau Dia tidak habis2nya memberkati kehidupan saya, saya juga tidak habis2nya mengucap syukur untuk semua berkat2Nya yg melimpah... Dulu, pekerjaanNya belum selesai, sekarang sudah mulai kelihatan dan belum lagi selesai tapi kalau dilihat dengan kacamata iman, semuanya benar2 Dia atur indah pada waktuNya. Praise The Lord...

Saya ingat, waktu mau dibaptis dulu, saya ga confident apa saya layak untuk dibaptis, masuk jd anggota keluargaNya, siapa saya ini...org yg terhina dr yg terhina... tp Pak Santoni, yg membaptis saya bilang, kalau kamu bisa datang ke sini saja berarti Dia sudah memilih kamu, kalau Dia berkenan untuk kamu bs dibaptis, pasti bisa dibaptis, kalau tidak pasti ga akan bisa dibaptis. Akhirnya, tgl 20 Juni 1993, saya dibaptis. Praise The Lord...

Setiap kali ultah datang, perasaan saya juga campur aduk, harus happy kah, atau sedih... kalau saya happy, takut kalau2 semua itu cuma semu (angan2) saja. Tapi kan ultah harusnya happy, bukan sedih... Jadi setiap saya ultah, saya happy karena Tuhan sudah memimpin sampai di sini (Eben-Haezer). Again, Praise The Lord...

No comments: